Tips Investasi emas walaupun gaji pas-pas an dan aman

Tips Investasi emas walaupun gaji pas-pas an dan aman

Investasi emas di indonesia

Tips Investasi emas walaupun gaji pas-pas an dan aman– Investasi kini semakin dilirik banyak kalangan. Tak hanya mereka yang berduit, tapi juga karyawan biasa dengan gaji minimalis. Daripada menabung, investasi memang lebih menjanjikan banyak keuntungan.

Tips investasi emas

Pilihan investasi yang paling menjadi primadona di berbagai lapisan masyarakat adalah emas. Emas dianggap paling aman dibandingkan instrumen investasi lainnya. Karena, emas memiliki nilai yang cenderung stabil dalam jangka waktu panjang. Selain itu, emas juga punya likuiditas tinggi sehingga dapat dijual dengan cepat.

1. Pantau selalu harga emas

Dalam berinvestasi emas, kamu harus selalu memantau harga dan memelajari pergerakannya di pasaran. Sebagai patokan, kamu bisa melihat harga emas Antam yang kini sudah mencapai sekitar Rp600.000. Lalu, pelajari lebih jauh tentang pergerakan harga emas di pasaran. Misalnya, tentang bagaimana tren kenaikan atau penurunan harga, faktor ekonomi yang mempengaruhi, dan sebagainya. Pengetahuan ini penting untuk menentukan waktu terbaik untuk membeli emas.

2. Perhatikan waktu investasi

Selanjutnya, perihal timing. Ada waktu tertentu yang perlu diperhitungkan saat akan berinvestasi emas. Hampir sama dengan ‘bermain’ valas (valuta asing), waktu yang tepat untuk membeli emas adalah ketika nilainya sedang turun. Kemudian dijual lagi saat harganya mulai naik di pasaran. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, investasi emas sebaiknya disimpan dalam jangka waktu menengah panjang. Usahakan lebih dari 5 tahun demi mendapatkan manfaat optimal. Pastikan kamu juga membeli emas yang memiliki sertifikat resmi dari ANTAM atau Pegadaian.

3. Tentukan jenis emas

Emas memiliki berbagai macam jenis. Seperti logam mulia, perhiasan, atau emas kuno. Tiap jenisnya menyimpan nilai yang berbeda pula. Bagi pemula, disarankan untuk berinvestasi dalam bentuk logam mulia. Menginvestasikan logam mulia tersebut lebih menguntungkan daripada perhiasan. Kelebihan emas logam mulia adalah memiliki harga jual yang cenderung tinggi. Berbeda dengan perhiasan yang harga jualnya lebih rendah karena dipengaruhi oleh komponen biaya. Mulai dari biaya pembuatan, jumlah karat, nilai seni, model, dan penurunan harga (depresiasi).

4. Simpan di tempat yang aman

Terakhir jika sudah berhasil membeli emas di waktu yang tepat, simpan investaasimu tersebut di tempat yang benar-benar aman. Kecerobohan dalam penyimpanan berisiko membuat emas yang sudah disimpan cacat bahkan hilang. Penyimpanan emas dapat dilakukan dengan menyimpannya di brankas di rumah. Jika mau lebih aman, kamu juga bisa menyimpannya melalui Safe Deposit Box (SDB), yakni sebuah layanan penyimpanan barang berharga. Umumnya layanan SDB disediakan oleh pihak bank.

Beberapa contoh tujuan finansial yang bisa dipenuhi dengan investasi emas antara lain untuk biaya pernikahan atau memenuhi kebutuhan uang masuk sekolah anak. Jadi sebagai first jobber, anggaplah investasi emas ini tabungan non tunai yang keuntungannya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan-kebutuhan urgent di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *