PN Jakarta Barat Ditutup Selama Sepekan

PN Jakarta Barat Ditutup Selama Sepekan

PN Jakarta Barat Ditutup Selama Sepekan

PN Jakarta Barat Ditutup Selama Sepekan, – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat tutup sepekan sejak Selasa setelah dua pegawai terpapar COVID-19. Kondisi ini membuat persidangan di PN Jakbar tutup selama sepekan. Petugas PN Jakbar memasang spanduk besar berwarna hijau yang membentang di pagar gedung sebagai pemberitahuan PN Jakbar ditutup.

Juru Bicara Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat Eko Aryanto menjelaskan, pihaknya melakukan penutupan dari hari Selasa hingga Senin mendatang. PN Jakarta Barat hanya melayani persidangan, di mana masa penahanan terdakwa akan habis sebelum adanya putusan.

“Pengadilan Negeri Jakarta Barat seluruh kegiatan pelayanan dan persidangan untuk sementara selama sepekan diliburkan, kecuali pelayanan yang sifatnya urgent dan mendesak,” kata Eko, Rabu.

Dijelaskan Eko, penutupan sementara gedung PN Jakbar karena dua orang pegawai terpapar Covid-19. Pegawai itu merupakan seorang staf perdata yang saat ini telah jalani isolasi di salah satu rumah sakit Jakarta. “Saat ini pegawai tersebut sedang melakukan isolasi mandiri,” pungkasnya.

Berawal dari satu pegawai PN Jakarta Barat yang izin sakit

Eko mengungkapkan awal mula kasus COVID-19 di PN Jakarta Barat, yakni satu karyawati yang bekerja di bidang perdata izin tidak masuk karena sakit. Ternyata, dia mengirimkan surat dokter yang menyatakan dirinya terpapar COVID-19.

“Dari situ, pimpinan menghadap ke Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung, dan diperintahkan swab test,” ungkap dia.

Setelah itu, ketua hakim PN Jakarta Barat mengeluarkan surat edaran untuk mengisolasi wilayah tersebut hingga Senin, Agustus 2020. PN Jakarta Barat juga disemprot disinfektan secara berkala.

Semua kegiatan di PN Jakarta Barat diliburkan

Eko menjelaskan, selain ditutup, seluruh pelayanan dan persidangan di PN Jakarta Barat juga ditunda. Namun, pihaknya akan melayani persidangan, jika masa penahanan terdakwa akan habis sebelum adanya putusan.

“Seluruh kegiatan pelayanan dan persidangan untuk sementara selama sepekan diliburkan, kecuali pelayanan yang sifatnya mendesak,” ujar dia.

Sebanyak 150 orang sudah menjalani swab test

Eko menyebutkan sebanyak 150 orang yang bertugas di PN Jakarta Barat, dari hakim hingga pegawai honorer, sudah menjalani swab test. Tes virus corona itu dilakukan pada Senin, 3 Agustus 2020.

“Hasilnya (baru bisa diketahui) satu minggu,” ucap dia.