Panduan Umum Tentang Seluk Beluk Perbankan di Indonesia

Panduan Umum Tentang Seluk Beluk Perbankan di Indonesia

Panduan Umum Tentang Seluk Beluk Perbankan di Indonesia

Panduan Umum Tentang Seluk Beluk Perbankan di Indonesia,- Istilah perbankan merupakan sesuatu yang tidak asing bagi penduduk di Indonesia. Kita semua tahu bahwa bank merupakan lembaga yang bergerak di bidang keuangan dan memberikan layanan seperti pinjaman uang, simpanan atau tabungan dan bertugas mencetak uang. Jika Anda berpikir bank hanya memiliki peranan sebatas itu saja untuk Anda, maka Anda salah besar.

Tahukah Anda apa fungsi utama bank dalam perekonomian Indonesia? Apakah Anda sadar bahwa bank dapat mempengaruhi keuangan dari setiap individual yang berada di Indonesia dengan suku bunganya? Dari manakah suku bunga tersebut? Bagaimanakah cara bank mendapatkan keuntungan? Apa saja produk dan jasa yang ditawarkan dari bank? Mengapa tersedia berbagai jenis bank di Indonesia?

BACA JUGA: Perkenalan Tentang Bank di Indonesia

Jika Anda tidak pasti dengan jawaban dari pertanyaan diatas, maka mungkin Anda belum mengetahui peranan bank sebenarnya. Bank memiliki peran jauh lebih dominan dalam perekonomian masyarakat di Indonesia pada umumnya Indo Poker.

Baik secara langsung ataupun tidak langsung setiap individu tidak dapat lari dari sistem perbankan. Selama Anda berada di dalam sebuah negara, kondisi keuangan di negara tersebut terpengaruhi oleh sistem perbankan.

Contohnya walaupun individu yang tidak berhubungan dengan bank lewat simpanan ataupun pinjaman, individu tersebut masih terpengaruhi oleh perbankan melalui nilai mata uang yang dia miliki. Nilai mata uang di sebuah negara akan tergantung pada suku inflasi, yang secara tidak langsung dipengaruhi oleh perekonomian dan perbankan. Jadi Anda dapat menghindari dari keberadaan bank dalam kehidupan sehari-hari.

Perbankan merupakan topik yang komplex. Dengan panduan umum perbankan di Indonesia yang sederhana dan mudah dimengerti ini, Anda dapat memahami seluk beluk perbankan secara garis besar dan peranannya dalam keuangan Anda.

Tujuan bank berdasarkan undang-undang

Berdasarkan dari UU Nomor 10 Tahun 1998, secara garis besar tujuan perbankan Indonesia adalah menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbungan ekonomi, dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan rakyat.

Dari tujuan tersebut maka perbankan (bank) di Indonesia harus menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan didasarkan atas asas demokrasi ekonomi. Jadi jika Anda berpikir bahwa bank memiliki tujuan untuk mencari keuntungan setinggi-tingginya berupa profit semata maka Anda sangat salah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *