Manfaat yang Akan Didapatkan Kalau Kita Taat Bayar Pajak

Manfaat yang Akan Didapatkan Kalau Kita Taat Bayar Pajak

Manfaat yang Akan Didapatkan Kalau Kita Taat Bayar Pajak

Manfaat yang Akan Didapatkan Kalau Kita Taat Bayar Pajak, – Kewajiban seorang pengusaha tidak hanya kepada dirinya sendiri, serta keluarganya. Pengusaha memiliki kewajiban untuk membayar upah karyawan serta membayar pajak. Kenapa pengusaha harus bayar pajak dan apa manfaatnya bagi pengusaha?

Saat ini tingkat kepatuhan masyarakat untuk membayar pajak masih sangat rendah. Masyarakat menganggap bahwa uang pajak selalu di korupsi, sehingga mereka enggan untuk membayarkannya. Selain itu, bagi pengusaha mereka enggan membayar pajak karena pajak yang ia bayarkan sangat memberatkan bagi jalannya usaha.

Masih ada diantara kalian yang belum lapor SPT pajak? Atau bahkan tidak mau bayar pajak? Coba deh stop dulu pemikiran negatif bahwa pajak itu cuma akal-akalan pemerintah untuk ambil uang dari rakyat tanpa ada balas jasanya. Apa benar begitu? Memang, pajak merupakan kontribusi yang wajib diberikan oleh rakyat, baik sebagai orang pribadi maupun badan usaha, kepada negara yang sifatnya memaksa.

Melansir https://slot-online.games/, Namun, penerimaan pajak itu digunakan untuk kepentingan negara dan kemakmuran rakyatnya juga lho! Kalau dilihat berdasarkan falsafah undang-undang perpajakan, membayar pajak bukan hanya suatu kewajiban, tetapi juga merupakan hak bagi setiap warga negara untuk ikut berkontribusi dalam pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Nah, apa saja sih manfaat yang bisa kita rasakan dari penerimaan pajak tersebut? Yuk kita lihat.

Infrastruktur dan fasilitas umum

Pernah lihat pembuatan jalan, pembangunan jembatan, sekolah, dan rumah ibadah? Untuk membangun itu semua, ada lho sebagian dana penerimaan pajak yang dialokasikan ke sana. Jadi, kalau selama ini kita bisa pergi dari kota ke kota dengan melewati jalan yang mulus, itu semua bisa kita nikmati karena kita telah taat membayar pajak.

Fasilitas kesehatan

Dana penerimaan pajak juga digunakan dalam beberapa program untuk menunjang perbaikan kesehatan masyarakat. Dilansir dari kemenkeu.go.id, alokasi pajak untuk bidang kesehatan digunakan untuk menyediakan makanan tambahan bagi ibu hamil kurang energi kronis (KEK) serta balita kurus kekurangan gizi, untuk peningkatan pelayanan dan mutu rumah sakit, serta untuk pembiayaan JKN/KIS bagi peserta penerima bantuan iuran (PBI). Ikut senang kan kalau kita bisa bantu mereka yang kurang mampu untuk mendapat akses layanan kesehatan?

Kelestarian lingkungan hidup

Kalian pasti ingin kan kalau Indonesia punya hutan yang luas dan asri sehingga bisa tetap menyediakan udara segar bagi para penduduknya. Namun, tak jarang hutan ditebas untuk tujuan produksi, tetapi setelah itu lahan tersebut tidak dikembalikan lagi fungsinya sebagai hutan. Nah, untuk melakukan rehabilitasi hutan dan juga memulihkan kawasan konservasi yang rusak, digunakanlah dana dari penerimaan pajak.