Mahfud MD: Jangan Resah Menjalankan Ajaran Agama di Indonesia

Mahfud MD: Jangan Resah Menjalankan Ajaran Agama di Indonesia

Menteri Koordinasi Politik Hukum dan Ham (Menkopolhukam) Mahfud MD mengemukakan bahwa penduduk tidak kudu khawatir untuk jalankan ajaran agama Islam di Indonesia, selagi mengisi acara Dialog Kebangsaan dan Launching Buku Ulama dan Negara-Bangsa dan Ulama, Politik, dan Narasi Kebangsaan di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sabtu (29/2/2020).

Dalam pidatonya, Mahfud mengemukakan bahwa rancangan kehidupan bernegara di dalam negara Pancasila tidak memberlakukan hukum agama. Namun, negara memelihara rakyatnya yang inginkan jalankan ajaran agama.

“Jangan resah kesusahan berislam, negara memelihara Anda yang mau menjalankan ajaran Islam dengan baik,” kata Mahfud.

Ia terhitung menyebutkan bahwa selagi ini sudah tidak ada yang namanya Daftar Slot 918Kiss Islamophobia di Indonesia. Sudah tidak ada terhitung diskriminasi yang dilakukan terhadap penduduk yang memeluk agama Islam.

Dirinya menyampaikan, Islamophobia hanya berjalan terhadap zaman penjajahan Belanda, di mana umat Muslim dan para santri tidak mendapat pendidikan yang setara dan juga sukar memperoleh jabatan di pemerintahan.

Selain itu, Mahfud terhitung berpesan kepada umat Muslim untuk tidak berbuat semena-mena terhadap warga yang bukan penganut agama Islam. Sebab, pemerintah Indonesia memelihara semua pemeluk agama. Ia berharap, antar-pemeluk agama bisa saling bersaudara.

Menurutnya, Islam yang cocok diterapkan di Indonesia adalah Islam yang moderat, atau rancangan agama Islam yang terbuka, tidak sangat cenderung maupun fanatik terhadap satu aliran. Prinsip-prinsip agama Islam sendiri banyak digunakan di dalam hukum negara tanpa menyebutkan simbolnya, kata dia.

Dalam buku yang di-launching di Gedung Prof RHA Soenarjo, SH, disampaikan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa 71.56 % ulama di Indonesia terima rancangan negara berbangsa. Sebagian besar terima negara berbangsa, di dalam kategori moderat inklusif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *