Luhut Bahas Aturan Larangan Mudik, Begini Skenarionya

Luhut Bahas Aturan Larangan Mudik Begini Skenarionya

Luhut Bahas Aturan Larangan Mudik, Begini Skenarionya

Luhut Bahas Aturan Larangan Mudik, Begini Skenarionya – Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan pemerintah akan kembali mempertimbangkan opsi melarang mudik. Dalam rapat di Kemenko Kemaritiman dan Investasi semua pihak hampir sepakat untuk melarang mudik.

Rapat lanjutan akan dilakukan dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, yang lagi menjabat Menteri Perhubungan advert interim, mengenai larangan mudik.

“Untuk mudik kita mau ada rapat lagi dengan Pak Menko Maritim. Jadi kemarin diskusi kita dengan yang lain itu kayaknya semakin kuat message yang dibangun kita akan pelarangan mudik. Rencananya begitu, tapi tergantung nanti (hasil rapat),” kata Budi di Jakarta, Senin (20/4/2020).

Nah, bagaimana skenarionya di jalan jika mudik benar-benar jadi dilarang?

“Ya nanti kalau dilarang akan diberlakukan demikian (menutup jalan tol). Angkutan bus lagi kalau ada pelarangan nanti nggak boleh (operasi),” ujar Budi Sbobet88 Casino.

Memang, Budi pun mengatakan pihaknya akan melarang semua jenis kendaraan ke luar daerah. Mulai dari kendaraan umum hingga pribadi, mulai dari bus AKAP hingga sepeda motor.

Nantinya pihaknya lagi akan membentuk beberapa checkpoint untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan yang terletak di beberapa daerah perbatasan.

“Kalau telah muncul larangan mudik, berarti skenario kita melarang seluruh angkutan umum, melarang kendaraan pribadi, melarang sepeda motor untuk mudik. Nanti akan dicek di beberapa checkpoint,” kata Budi.

Agaknya, kali ini larangan mudik benar-benar serius untuk dilakukan. Budi mengatakan Kemenhub sendiri telah menyusun sebuah aturan untuk hal ini, bagaimana bentuknya?

Budi mengatakan pihaknya telah mempersiapkan rancangan Peraturan Menteri soal pelarangan mudik, lengkap dengan sanksi untuk yang nekat mudik. Rancangan ini menurutnya pun telah dibahas Biro Hukum Kemenhub.

“Kita siapkan regulasinya. Perencanaan PM-nya telah siap kita. telah di biro hukum. Pasti ada nanti (sanksinya),” kata Budi.

Dia mengatakan pemerintah masih butuh waktu untuk melarang mudik, dia menyebut keputusan bulat soal pelarangan mudik kemungkinan diambil minggu ini.

“Untuk sampai ke pelarangan itu butuh waktu untuk sampai keĀ assertion-nya itu. Mungkin mudah-mudahan minggu ini. Saya harapannya sebagai regulator minggu ini telah ada kepastian,” kata Budi.

Meski ada sanksi dalam aturan tersebut, Budi masih enggan menjelaskan rinci soal bentuknya. Namun akan berlaku di semua sektor moda transportasi, mulai darat, laut, udara, hingga kereta api.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *