Kemensos Dukung Terbentuknya Komnas Disabilitas

Kemensos Dukung Terbentuknya Komnas Disabilitas

Kemensos Dukung Terbentuknya Komnas Disabilitas pada rapat internal dengan jajarannya. Menteri Sosial Juliari Batubara, mengatakan jika kualitas hidup penyandang disabilitas perlu di tingkatkan. Sebelumnya terkait penyandang Disabilitas sudah terlebih dahulu ada pada Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2020 tentang Komisi Nasional Disabilitas.

Kemensos Dukung Terbentuknya Komnas Disabilitas

KND sudah lama ditunggu, sebagai kelembagaan yang terstruktur dalam hal pemantauan, pemenuhan dan advokasi hak-hak penyandang disabilitas.

Dilihat juga : Hubungan spiritual yang begitu kuat dianut di indonesia

Amanat pembentukan Perpres tentang KND diatur dalam Pasal 131, Pasal 132, Pasal 134 dan Pasal 149 UU Nomor 8 Tahun 2016. Pasal tersebut tentang Penyandang Disabilitas Sesuai dengan tugas pokok Daftar Sbobet88 dan fungsi. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menginisiasi penyusunan Rancangan Perpres tetang KND.

Selanjutnya dibahas dengan Kemensos, Kemenkeu dan Kementerian Hukum dan HAM. Dan selanjutnya akan diproses lebih lanjut oleh Kementerian Setneg untuk mendapatkan persetujuan Presiden.

Pelibatan organisasi penyandang disabilitas telah dilakukan sejak awal penyusunan, dan aspirasi yang berkembang telah direspons oleh pemerintah.

“Kementerian Sosial siap untuk melaksanakan tugas yang diamanahkan dalam Perpres tersebut, yaitu pembentukan sekretariat KND dan penyeleksian serta pengusulan calon komisioner kepada presiden,” kata Mensos.

Dalam persiapan ke arah itu, saat ini Kementerian Sosial segera melakukan revisi/ mengusulkan anggaran dan memastikan tersedia anggaran untuk program KND tahun 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *