Ini Keuntungan UMKM Ikut Pasar SAKTI

Ini Keuntungan UMKM Ikut Pasar SAKTI – Pandemik COVID-19 telah menyebabkan penurunan omzet pelaku UMKM seiring merosotnya daya beli masyarakat. Di tahun 2020, kontribusi sektor UMKM terhadap PDB nasional mengalami penurunan sebesar 23 persen (yoy) dari 60,3 persen menjadi 37,3 persen, dan tahun ini diproyeksi akan kembali turun sekitar 4 persen.

10 Juta UMKM Go Digital, Ini Sederet Keuntungannya : Okezone Economy

Mengkutip dari http://wightmethodists.org/ President Director and CEO PT Link Net Tbk, Marlo Budiman mengatakan bahwa Link Net berkomitmen untuk terus mendukung UMKM agar bisa bertahan dan berkembang. Bersama Director PT Infra Solusi Indonesia sekaligus Chief Human Capital Officer PT Link Net Tbk Yosafat Hutagalung, keduanya meresmikan penyelenggaraan Pasar SAKTI (Shop and Share Awesome Knowledge – Things and Inspiration) dengan tagline “Mendapat KeSAKTIan di Tengah Ketidakpastian”, melalui acara jumpa pers yang dilaksanakan secara virtual pada 22 Juli 2021 lalu.

1. Apa itu pasar SAKTI?

Sumber Daya Manusia serta pemanfaatan teknologi dan digitalisasi bagi sektor usaha kecil menengah dan startup. Maka Program ini bertujuan mendorong pengembangan bisnis sekaligus mendukung upaya pemerintah untuk memulihkan perekonomian Indonesia, salah satunya UMKM sebagai salah satu sektor paling terdampak oleh pandemi Covid-19.

Melansir dari https://116.193.191.130/ “Pergeseran pola konsumsi barang dan jasa dari offline ke online akibat pandemi Covid-19, jadi peluang dan momentum tepat digitalisasi UMKM melalui sinergi dan kolaborasi guna mendukung pengembangan sektor potensial ini. Potensi digitalisasi ekonomi Indonesia masih sangat besar peluangnya dengan adanya bonus demografis dan penetrasi internet yang terus meningkat setiap tahunnya,” kata Marlo dalam keterangan tertulisnya.

2. Berbagai keuntungan UMKM ikut Pasar SAKTI

Marlo mengatakan, pembatasan aktivitas dan mobilitas di masa pandemik juga memberikan peluang bagi sektor UMKM ataupun startup untuk memasarkan jasa dan produknya secara daring. Berdasarkan hasil riset Katadata Insight Center (KIC) 2020 menyebut sebanyak 80,6 persen pelaku UMKM mengaku merasa terbantu dengan penggunaan internet.

Para pelaku UMKM yang memilih cara lain untuk bertahan. Sekitar 29 persen dari mereka bahkan berekspansi dengan menambah jenis saluran penjualan dan pemasaran.

3. Pasar SAKTI bisa bantu tingkatkan kemampuan yang diperlukan UMKM

Marlo mengatakan, ada beberapa kemampuan yang perlu dimiliki pelaku UKM dan startup diantaranya; entrepreneurship; managerial skill; resilience and agility; networking & customer oriented, financial; dan lain-lain.

“Sebagai inkubator pengetahuan, First Academy memiliki misi untuk mengembangkan dan membantu ekosistem pengembangan Sumber Daya Manusia di Indonesia,” ujarnya.

Berkolaborasi dengan pengamat atau pakar di bidangnya yang meliputi people, process, dan technology. Maka Pasar SAKTI akan turut mendorong transformasi digital di sektor UMKM. Karena teknologi dan digitalisasi menjadi satu hal yang ke depannya harus dapat dioptimalkan.