Ilmuwan Paling Terkenal Sepanjang Masa

Ilmuwan Paling Terkenal Sepanjang Masa

Ilmuwan Paling Terkenal Sepanjang Masa, Apa Jasanya bagi Masyarakat?

Ilmuwan Paling Terkenal Sepanjang Masa – Di muka bumi ini telah lahir banyak ilmuwan cerdas. Bahkan, beberapa ilmuwan bisa mengubah dunia melalui penemuannya. Berkat penemuannya yang memberikan kontribusi dalam kehidupan manusia, maka para ilmuwan itu masih dikenang hingga saat ini.

Kecanggihan teknologi yang kita miliki sekarang adalah hasil kerja keras ilmuwan di masa lalu. Misalnya, tanpa pemikiran cemerlang Isaac Newton, kita tidak akan tahu ilmu seputar gravitasi, kalkulus serta teori cahaya dan warna. Atau, tanpa penemuan sifat radioaktivitas, tidak akan ada mesin X-Ray yang berguna untuk bidang medis seperti sekarang.

Tentu saja, kita perlu berterima kasih dengan jasa ilmuwan di masa lalu. Siapa saja ilmuwan yang paling terkenal dan berpengaruh sepanjang masa? Simak di sini!

  • Charles Darwin

Kamu tentunya mengenal Charles Darwin, ahli biologi asal Inggris. Ia adalah penemu teori evolusi dan penulis buku On the Origin of Species by Means of Natural Selection. Menurut Darwin, semua spesies organisme berkembang lewat seleksi alam yang meningkatkan kemampuan individu untuk bertahan hidup, bersaing dan bereproduksi.

Teorinya yang paling kontroversial adalah manusia berasal dari primata. Ia juga meneliti dan mencatat banyak spesies hewan yang ada di Kepulauan Galapagos di Ekuador, jelas laman Earth Watch. Meski banyak menuai kontroversi, Charles Darwin adalah ilmuwan yang berpengaruh dan berkontribusi besar untuk masyarakat dunia.

  • Galileo Galilei

Galileo Galilei sering dijuluki sebagai “Bapak Fisika Modern”. Ada banyak penemuan yang telah ia cetuskan, seperti teleskop. Ia menciptakan teleskop pertamanya pada tahun 1609 yang bisa memperbesar objek hingga 20 kali, jelas laman The Galileo Project. Berkat teleskop ciptaannya, ia bisa melihat antariksa lebih jelas.

Misalnya, mengamati bulan, supernova, menemukan empat satelit planet Jupiter, menemukan bintik matahari dan lainnya. Galileo juga bersikukuh kalau bumi dan planet lain mengorbit matahari (heliosentris). Sementara, gereja katolik saat itu percaya bahwa bumi adalah pusat alam semesta (geosentris). Akibatnya, Galileo pun terkena hukuman.

  • Ada Lovelace

Satu lagi penemu perempuan yang cerdas dan berpengaruh, yakni Ada Lovelace. Walau namanya asing. Ia adalah perempuan pertama yang menjadi programmer komputer, ungkap laman Discover Magazine. Ia banyak dipengaruhi oleh Charles Babbage, seorang penemu dan insinyur. Mereka berdua pun bekerja sama dalam banyak proyek.

Ada Lovelace membuat Analytical Engine, mesin yang bisa melakukan hampir semua tugas matematika. Mesin ini dianggap sebagai program komputer pertama. Sayangnya, Ada Lovelace meninggal di usia yang sangat muda, yakni 36 tahun. Apabila usianya bertahan lebih lama, mungkin ada lebih banyak penemuan yang ia ciptakan.

  • Albert Einstein

Mustahil kalau kamu tidak mengenal Albert Einstein. Ia terkenal berkat rumus E = mc2, persamaan dalam teori fisika relativitas. Mirisnya, persamaan ini justru disalahgunakan dan melahirkan penemuan yang destruktif seperti bom atom. Ia juga menerima Hadiah Nobel untuk penemuan efek fotolistrik, terang laman Discovery Magazine.

Selain itu, Einstein juga mencetuskan teori tentang cahaya. Teori ini menyatakan bahwa cahaya terdiri dari paket energi yang sangat kecil dan dikenal dengan nama foton.

Einstein juga mengembangkan teori kuantum dan memberi pengaruh besar hingga kini. FYI, Einstein memiliki jiwa seni dan bisa bermain biola, bukti bahwa kedua otaknya seimbang.

  • Isaac Newton

Menurut legenda, Isaac Newton menemukan teori gravitasi setelah sebuah apel jatuh dari pohon dan mendarat di atas kepalanya. Terlepas apakah legenda itu benar atau tidak, yang jelas Isaac Newton adalah ilmuwan yang sangat berpengaruh dan berjasa. Selain menemukan teori gravitasi, ia juga menemukan konsep gaya sentrifugal dan sentripetal.

Newton juga menemukan hukum gerak (laws of motion) yang dicetuskan pada tahun 1687, jelas laman How Stuff Works. Teori kalkulus juga ia ciptakan, yang berguna untuk teknik konstruksi bangunan, menentukan dosis obat hingga meluncurkan roket. Di sisi lain, Isaac Newton juga menciptakan teori cahaya dan warna. What a genius person!

Nah, itulah ilmuwan yang paling terkenal dan berpengaruh sepanjang masa. Siapa ilmuwan yang menjadi idolamu?