Berikut Pengeluaran Wajib Jelang Lebaran, Jangan Sampai Berujung Menambah Utang

Berikut Pengeluaran Wajib Jelang Lebaran, Jangan Sampai Berujung Menambah Utang

Berikut Pengeluaran Wajib Jelang Lebaran

Berikut Pengeluaran Wajib Jelang Lebaran – Tidak mudik ke kampung halaman tidak sama dengan berkurangnya pengeluaran. Kalau dulu THR dihabiskan untuk bekal pulang, untuk tahun ini daftar pengeluaran bisa jadi lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Yang berkurang memang hanyalah biaya perjalanan mudik, tetapi tetap saja ada berupa sederet pengeluaran wajib Lebaran yang sudah seharusnya dipersiapkan untuk menciptakan Hari Raya Idul Fitri yang tetap membahagiakan selama #DiRumahAja.

Pastikan saja buat melakukan perencanaan matang, jangan sampai malah jadi menambah utang ketika menulis daftar pengeluaran untuk hal-hal berikut ini.

Percantik Rumah dengan Dekorasi Ulang

Lebaran kali ini memang nggak ada rencana untuk menyambut tamu dari mana pun karena physical distancing masih diterapkan. Tapi, nggak ada salahnya kok mempercantik rumah untuk menambah semangat menyambut Lebaran yang akan datang. Misalnya dengan mendekorasi ulang, seperti mengganti warna berbagai ruangan di rumah dengan wallpaper cantik, atau menata ulang ruang keluarga dengan inspirasi ala Pinterest.

Semua itu bisa dilakukan untuk membuat makin betah di rumah. Tapi, pastikan rencanakan dengan matang. Jika ingin mengganti beberapa perabotan agar sesuai tema minimalis yang diinginkan, sesuaikan dengan budget yang tersedia karena kamu juga harus membagi THR dengan kebutuhan yang lain.

Baca juga : Pencairan Dana Kompensasi BUMN Solusi Pertumbuhan Perekonomian Nasional

Belanja Bahan Masakan Lebaran dan Kue Kering

Beragam hidangan Lebaran yang tersaji di meja makan bisa jadi hal yang bikin keluarga makin betah di rumah, lho. Jadi, meskipun kali ini nggak menantikan tamu istimewa, tetap menghadirkan opor, ketupat, rendang, dan berbagai masakan favorit keluarga adalah wajib saat Lebaran tiba. Nggak ketinggalan aneka kue kering yang bisa menjadi camilan yang menghangatkan kebersamaan di rumah bersama. Pasti anggota keluarga yang lain sudah kangen menikmati nastar, kastangel, atau putri salju tersaji di rumah, kan?

Belanja berbagai kebutuhan makanan selama Lebaran ini termasuk salah satu pos yang cukup menguras kantong. Untuk menghemat anggaran, kamu bisa menyiasatinya live chat live22 dengan belanja dalam jumlah yang lebih sedikit daripada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini bisa dilakukan karena tahun ini tidak ada tamu yang datang. Jadi, asumsinya hanya kamu dan keluarga yang ada di rumah saja yang akan menikmati hidangan tersebut. Lumayan menghemat pengeluaran kan?

Siapkan THR untuk Kerabat

Jangan lupa membuat anggaran THR untuk anak-anak di rumah supaya Lebaran kali ini tetap terasa ceria untuk mereka. Apalagi social distancing membuat mereka nggak bisa ke mana-mana sehingga amplop Lebaran yang diterima pun jumlahnya berkurang drastis. Kalau orang tua di rumah ingin memberikan THR bagi kerabat, bagikan melalui DANA Kaget dari aplikasi DANA.

Fitur ini dapat dipakai oleh pengguna premium dompet digital DANA untuk berbagi saldo DANA ke sesama pengguna DANA dalam waktu bersamaan. Jumlah saldo yang dibagikan kepada para penerima dapat diatur sama rata ataupun acak, jadi lebih seru kan?
Berbagi semangat lebaran secara digital tetap dari rumah saja.

Kirim Kado untuk Orang Tua

Bukan hanya kamu, orang tua yang berada di kampung halaman juga pasti merasa sedikit kecewa karena Lebaran untuk tahun ini tidak bisa bertemu dengan anak dan cucunya yang sudah lama ia rindukan. Biarpun jauh, tapi kamu tetap bisa mengungkapkan rasa sayang dengan mengirimkan kado untuk mereka. Nggak perlu repot-repot keluar rumah, belanja online saja di Lazada yang menyediakan berbagai pilihan kado Lebaran untuk orang tua. Mulai dari gamis, perlengkapan shalat, perlengkapan elektronik, gadget, dan masih banyak lagi.

Transaksi di Lazada juga praktis kok karena bisa memilih metode pembayaran dengan DANA. Kalau saldo DANA nggak cukup, nggak perlu ribet top up karena kamu bisa memanfaatkan fitur Simpan Kartu Bank di DANA. Asyiknya lagi, dengan kartu bank yang tersimpan di aplikasi DANA, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Mix Pay alias gabungin 2 cara pembayaran yang bikin transaksi makin lancar.

Caranya gampang, jika Saldo DANA kamu nggak cukup saat melakukan pembayaran di halaman Kasir DANA, tap Lanjutkan Mix Pay. Gabungin Saldo DANA dengan metode pembayaran yang tersedia. Pilih Kartu Debit/Kredit, BCA OneKlik yang tersimpan, atau tambahkan kartu baru. Setelah itu, bayar deh! Transaksi pun bisa dilakukan dengan makin gampang, kan!

Nggak perlu khawatir dengan keamanan saldo kartu bank yang tersimpan karena DANA dibekali dengan sistem keamanan canggih DANA Protection. Jaminan keamanan saldo, transaksi, dan identitas bakal kamu dapatkan selama bertransaksi di DANA. Ada juga garansi uang kembali jika transaksi gagal dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di aplikasi DANA. Info lebih lengkap tentang aplikasi DANA bisa langsung kamu cek di sini.

Nah, itu tadi beberapa pengeluaran wajib Lebaran yang wajib kamu persiapkan mulai sekarang biar nggak malah jadi tambah utang. Lakukan perencanaan dengan matang biar isi dompet tetap aman ya!

Sumber : merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *