Banyak Yang Mendukung Sosial Terhadap Seseorang PTSD

Banyak Yang Mendukung Sosial Terhadap Seseorang PTSD

Sebuah pengalaman buruk pada masa lalu memang menyakitkan bila terkenang kembali, apalagi bila pengalaman tersebut seolah membawa kita kembali ke masa-masa traumatis yang pernah terjadi. Trauma yang mendalam tersebut kemudian berkembang menjadi sebuah gangguan yang dengan gangguan stres pascatrauma atau post-traumatic Menurut http://wightmethodists.org/.

Banyak Yang Mendukung Sosial Terhadap Seseorang PTSD

Banyak Yang Mendukung Sosial Terhadap Seseorang PTSD yang selalu merasa dalam bahaya meskipun sedang berada ke tempat yang aman. Ingatannya akan terpicu saat mendengar suara, mencium aroma, membaca kata-kata, atau berada pada situasi yang sama seperti ketika ia mengalami pengalaman dirinya.

Tidak mengungkit kejadian traumatis yang mereka alami

Melansir dari http://142.11.212.11/ dengan mengungkit kembali kejadian traumatis yang mereka alami, tentu saja akan menghambat kesembuhan mereka. Mereka bisa saja melakukan hal-hal yang memalukan bahkan berbahaya bagi diri mereka sendiri, karena anggapan dari pengidap PTSD ini adalah dengan mengingat peristiwa tersebut.

Selalu mendampingi mereka

Kehadiran seseorang bagi pengidap PTSD sangatlah berarti, karena kepercayaan diri mereka tergantung pada sikap orang lain. Sikap mendukung, menerima, dan tidak mengkritisi terhadap keadaan pengidap PTSD akan sangat membantu mereka. Sebaliknya, sikap tidak mendukung, tidak menerima, dan respons kritis terhadap PTSD.

Membicarakan topik yang menyenangkan

Berdasarkan penelitian berjudul “Benefits of humor for mental health: Empirical findings and rections for further research” dalam Humor – International Journal of Humor Research, telah terbukti adanya hubungan antara humor dengan psikologis dan fisik seseorang kondisi depresi.

Melakukan aktivitas yang menyenangkan

Sama seperti ketika membicarakan topik yang ringan, mengajak mereka melakukan aktivitas. Maka yang menyenangkan pun akan membuat fokus mereka teralihkan dari ingatan-ingatan buruk mereka. Kamu bisa mengajak mereka melakukan aktivitas yang mereka sukai seperti bermain gim video. Membaca novel favorit mereka, menonton film, berolahraga, dan aktivitas lain yang bisa menjauhkan mereka dari ingatan buruk.

Mengajak mereka berkonsultasi ke ahli kesehatan mental

Dukungan sosial dapat meningkatkan perawatan terhadap pengidap PTSD karena dukungan dari seseorang lebih mendorong mereka untuk mencari pengobatan saat butuhkan. Salah satunya adalah dengan mengajak mereka berkonsultasi ke ahli kesehatan mental.