6 Cerita Perjalanan Karier YouTuber Jurnalrisa

6 Cerita Perjalanan Karier YouTuber Jurnalrisa

6 Cerita Perjalanan Karier YouTuber Jurnalrisa

Cerita Perjalanan Karier YouTuber Jurnalrisa – Jurnalrisa adalah salah satu YouTube channel di Indonesia yang memuat konten horor. Para krunya terdiri atas Risa Saraswati, Indy Ratna, Nicko Irham, Riana Rizki, hingga Abimanyu Bhakti. Uniknya, mereka adalah para sepupu yang mempunyai kemampuan melihat makhluk tak kasat mata.

Uniknya, mereka adalah para sepupu yang mempunyai kemampuan melihat makhluk tak kasat mata.

Hingga kini, konten Jurnalrisa sering trending di YouTube. Dan, apa kalian tahu bagaimana awal mula terbentuknya YouTube Jurnalrisa.

1. Berawal dari ngeband tentang lagu hantu

Cerita ini terkuak lewat YouTube SULE Channel pada 9 Juli 2020 lalu. Kepada pelawak Sule, Risa menceritakan awal mula dirinya membuat YouTube Jurnalrisa.

Sebelum terkenal sebagai YouTuber horor, Risa Saraswati mengutarakan bahwa dulu ia adalah anak band. “Iya dulu aku tuh ngeband, jadi musiknya kontemporer dicampur tradisionil. Memang tema lagunya tentang hantu,” ucap Risa.

2. Menulis cerita horor di Twitter

Setelah eksis sebagai anak band dengan lagu yang cukup unik, banyak penggemar yang penasaran siapa sebenarnya diceritakan Risa di lagunya.

Ia pun mengatakan bahwa saat rilis album, responsnya begitu bagus hingga akhirnya memutuskan untuk menuliskan sosok hantu tersebut di Twitter.

“Pas rilis album ternyata rame respons orang dan penasaran siapa sih yang diceritakan oleh Risa. Akhirnya dulu aku tulis thread di Twitter terus rame,” tambahnya.

3. Mulai menulis buku tentang hantu

Setelah ramai dibaca oleh netizen di Twitter, Risa pun tergerak lagi untuk membuat novel. “Yaudah kan ramai ya, akhirnya dijadikanlah buku,” tuturnya.

Yups, diketahui, buku tersebut berjudul Danur yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2011 silam.

4. Dipanggil ke acara TV

Risa melanjutkan, setelah buku Danur cukup sukses, ia pun dipanggil ke televisi untuk mengisi acara horor. “Dari buku Danur dipanggillah ke televisi, di acara TV horor kurang lebih 4 tahun,” lanjut Risa.

5. Awal mula memutuskan buat YouTube Jurnalrisa

Enam tahun setelah perilisan novel perdana Risa, akhirnya MD Entertainment mengangkat kisah Danur untuk dijadikan film pada tahun 2017.

Ketika film Danur booming, Risa kemudian memutuskan untuk berhijab dan akhirnya membuat channel di YouTube.

“Pada saat Danur booming jadi film aku memutuskan untuk berhijab. Kayaknya kalau di TV kurang ada kebebasan, takutnya gitu, apalagi yang berhubungan dengan hal mistis. Pada saat itu, TV juga gak ada acara mistis juga. Akhirnya buatlah YouTube Channel,” ucapnya.

6. Akhirnya Risa menggandeng adik dan para sepupunya yang juga punya indera keenam

Risa pun mengatakan bahwa awal mula buat YouTube Jurnalrisa, ia sendirian dan merasa seperti orang gila karena ngomong sendiri. Akhirnya, satu per satu adik dan para sepupunya menemani Risa di depan kamera.

“Awalnya sendiri saat bikin Jurnalrisa, cuma pada saat itu kan mediasi, nah, saya ngobrol sama siapa kan. Jadi ya kayak orang gila kerasukan sendiri. Akhirnya satu masuk, biasanya saudara saya di belakang layar, ya udah yuk masuk. Ya rame deh pokoknya,” tutup Risa kemudian.