Mbak Key Sulap Boneka Rongsokan Jadi Boneka Bernilai Ekonomis Tinggi

Mbak Key Sulap Boneka Rongsokan Jadi Boneka Bernilai Ekonomis Tinggi

Di lansir dari wightmethodists.org, memiliki hobi mengoleksi boneka sejak kecil, Verakey mempunyai hingga ratusan buah. Ketika ada yang rusak, dia memperbaiki sendiri koleksinya.

Tidak di sangka, kegemarannya terhadap boneka kini mendatangkan rezeki baginya. Bahkan usaha reparasi serta jahit baju boneka miliknya terus berkembang ketika berbagai usaha terpuruk saat pandemik.

1. Pulang kampung memenuhi wasiat alamarhum papa untuk menemani mama

Di kutip dari gucci-outletonline.us.org/, perempuan yang akrab disapa Mbak Key ini menceritakan awal mula dirinya menekuni usaha reparasi boneka. Mulanya, dia memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya di Jakarta dan kembali ke Bantul untuk menemani sang Mama yang hidup sendiri setelah suaminya meninggal beberapa tahun silam.

“Saya kembali ke Bantul untuk memenuhi wasiat almarhum papa agar menemani mama di rumah karena sendirian. Saya begitu saja keluar dari perusahaan padahal saat itu pandemik baru berlangsung,” katanya di temui di rumah reparasi boneka sekaligus tempat tinggalnya di Perumahan Griya Kunden Astini, Combongan, Kalurahan Jambidan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Selasa (30/3/2021).

2. Mulai menjalani keahliannya mereparasi boneka yang ditekuni sejak kecil

Key mengaku, sepulangnya ke Bantul, dia sempat mendirikan usaha lain. Namun, hasilnya tidak berkembang sesuai harapan. Wanita 41 tahun ini lantas memiliki ide “menghidupkan kembali” boneka bekas berdasarkan hobi yang sudah di tekuninya sejak lama.

Dengan pengalaman merawat berbagai boneka, sekarang ia menemukan cara yang tepat untuk terus menjaga, merawat, hingga mereparasi boneka rusak yang telah dibuang pemilik sebelumnya.

“Kebanyakan boneka yang memerlukan perawatan ulang adalah boneka-boneka lama yang oleh pemiliknya masih di simpan namun riasan serta aksesorisnya rusak. Semakin tua usia boneka itu harganya semakin mahal,” ucapnya.

Key berburu boneka rusak dari berbagai wilayah. Kemudian, dia merakit dan mereparasi boneka itu di bantu mamanya. Dengan modal membeli boneka rusak paling mahal Rp50 ribu, dia mampu menjualnya hingga menembus angka Rp1 juta.

3. Di bantu sang mama untuk menjahit baju boneka

Mbak Key mengaku bertanggung jawab pada merakit dan mereparasi dari sisi riasan maupun aksesoris boneka yang rusak agar tampil baik. Sedangkan untuk urusan baju boneka dia menyerahkan penjahitannya ke mamanya.

“Merias itu ternyata membutuhkan mood yang bagus, jika tidak maka hasilnya jelek. Biasanya jika mood jelek saya berhenti dulu. Untuk satu boneka, saya menghabiskan waktu 2-3 hari untuk memperbaikinya,” katanya.

“Dan yang paling susah untuk mereparasi adalah boneka-boneka yang tampak menyeramkan karena butuh mood sangat bagus. Lama mengerjakannya,” tambahnya.