Kapitalisasi Pasar Cryptocurrency Tembus Hingga 2 Triliun Dolar AS

Kapitalisasi Pasar Cryptocurrency Tembus Hingga 2 Triliun Dolar AS

Kapitalisasi pasar cryptocurrency atau mata uang kripto menembus rekor tertinggi sepanjang sejarah, yakni 2 triliun dolar Amerika Serikat (AS). Pada Senin sore (5/4/2021), kapitalisasi pasar kripto di ketahui mencapai 2,02 triliun dolar AS.

Di lansir dari wightmethodists.org, menurut CoinGecko dan Blockfolio, hal itu terjadi sebagai imbas dari adanya lonjakan permintaan dari investor institusional dan ritel yang melihat kenaikan mata uang kripto dalam beberapa waktu belakangan ini.

1. Bitcoin miliki kapitalisasi tertinggi

Di kutip dari outletlongchamp.us.com/, bitcoin menjadi mata uang kripto yang berhasil menembus rekornya sendiri. Yakni dengan meraih kapitalisasi pasar hingga 1 triliun dolar AS selama satu minggu terakhir. Bitcoin sendiri mengalami kenaikan sebesar 1,4 persen pada level 59.045 dolar AS. Dan sempat mencapai lebih dari 61.000 dolar AS pada pertengahan Maret lalu.

Para analis kemudian berpendapat, selama bitcoin berada di level lebih dari 53.000 dolar AS, maka mata uang kripto tersebut bakal mempertahankan kapitaliasi pasar sebesar 1 triliun dolar AS.

Sementara itu, ethereum yang merupakan mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua berhasil naik 1,3 persen menjadi 2.103 dolar AS.

Ethereum sempat mencapai rekor tertingginya sebesar 2.144,99 dolar AS pada Jumat (2/4/2021) lalu. Adapun kapitalisasi pasar ethereum telah mencapai 244 miliar dolar AS pada Senin kemarin.

2. Faktor penguatan kapitalisasi pasar mata uang kripto

Capaian rekor tertinggi kapitalisasi pasar mata uang kripto, terutama pada bitcoin dan ethereum bukannya tanpa alasan.

Kepala Teknologi di bursa kripto Bitfinex Paolo Ardoino menyatakan, publik mulai melihat momentum dan itu meningkatkan minat mereka untuk memiliki aset mata uang kripto, terutama bitcoin dan ethereum.

“Karena industri terus berkembang, kami memperkirakan lebih banyak aplikasi berbasis blockchain untuk di perkenalkan ke dunia dan bertepatan dengan itu, lonjakan minat muncul di sekitar aset alternatif lainnya dan membuat mereka lebih siap pasar,” kata Paolo, mengutip dari ANTARA, Selasa (6/4/2021).

3. Penguatan posisi bitcoin dan ethereum

Glassnode, penyedia data blockhain dalam laporan penelitiannya mengungkapkan bahwa kemampuan bitcoin mempertahankan kapitalisasi pasar 1 triliun dolar AS selama seminggu merupakan mosi percaya dari publik untuk bitcoin dan aset mata uang kripto lainnya secara keseluruhan.

Tak heran jika kemudian nilai bitcoin tercatat telah meningkat lebih dari 100 persen sepanjang tahun ini. Sementara ethereum meningkat jauh lebih tinggi, yakni 190 persen.