Inggris Akan Bergabung ke Blok Perdagangan Bebas Asia-Pasifik

Inggris Akan Bergabung ke Blok Perdagangan Bebas Asia-Pasifik

Inggris Akan Bergabung ke Blok Perdagangan Bebas Asia-Pasifik

Inggris Akan Bergabung ke Blok Perdagangan Bebas Asia-Pasifik – Inggris mengumumkan rencana untuk bergabung dengan blok perdagangan bebas Pasifik, Kemitraan Trans-Pasifik Komprehensif dan Progresif (CPTPP). Menurut Channel News Asia, rencana itu pada pengambilan di bawah rencana pasca-Brexit negara itu. Menteri Perdagangan Internasional Inggris Liz Truss akan secara resmi meminta kepada  keanggotaan Inggris dalam blok perdagangan bebas pada hari Senin, jelas media itu.

1. Diajukan setelah Brexit

CPTPP merupakan blok perdagangan yang mewakili 11 negara Lingkar Pasifik termasuk Australia, Kanada, Chili, Jepang, Meksiko dan Vietnam. Menurut  https://mamiya-usa.com/ media tersebut, permohonan untuk bergabung dengan CPTPP akan diajukan satu tahun setelah Inggris secara resmi meninggalkan Uni Eropa (Brexit). Inggris menarik diri keluar dari Uni Eropa setelah lebih dari 40 tahun menjadi anggota blok itu.

“Satu tahun setelah kami keluar dari UE, kami menjalin kemitraan baru yang akan dapat membawa manfaat ekonomi yang sangat besar bagi rakyat Inggris,” kata Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. “Mendaftar untuk menjadi negara baru pertama yang bergabung dengan CPTPP menunjukkan ambisi kami untuk berbisnis dengan cara terbaik dengan teman dan mitra kami di seluruh dunia dan akan menjadi juara yang antusias dari perdagangan bebas global,” tambahnya.

2. Bisa jadi peluang besar bagi anggota CPTPP

Departemen Perdagangan Inggris juga menyebut, negosiasi antara Inggris dan kemitraan tersebut di harapkan mulai tahun ini.  Oleh karena itu dengan Menanggapi rencana tersebut, Menteri Truss mengatakan bergabungnya Inggris dengan blok perdagangan ini akan menawarkan peluang besar untuk negara anggotanya.

“Ini berarti tarif yang lebih rendah untuk produsen mobil dan produsen wiski. Dan pada akses yang lebih baik untuk penyedia layanan kami yang brilian. Memberikan pekerjaan berkualitas dan kemakmuran yang lebih besar bagi orang-orang di sini,” ujarnya.

3. Tentang CPTPP

CPTPP merupakan blok perdagangan yang di luncurkan pada tahun 2019. Tujuannya adalah untuk menghilangkan hambatan perdagangan di antara 11 negara anggota yang mewakili hampir 500 juta konsumen di kawasan Asia-Pasifik. Namun dalam upaya untuk melawan pengaruh ekonomi Tiongkok yang semakin meningkat. Amerika Serikat, salah satu pendukung utama blok Pasifik di bawah mantan presiden Barack Obama. Menarik diri dari kemitraan di bawah pemerintahan mantan presiden Donald Trump sebelum di ratifikasi pada 2017.