Ada Mantan Menteri, Crazy Rich Indonesia Di Forbes 2021

Ada Mantan Menteri, Crazy Rich Indonesia Di Forbes 2021

Nama-nama crazy rich Indonesia, akhirnya sedikit banyak diungkap oleh Forbes. Ya, majalah ini baru saja merilis orang terkaya sejagat raya untuk tahun 2021 dalam laporan “Forbes World’s Billionaire List The Richest in 2021.”

Pandemik COVID-19 nampaknya tidak menjadi halangan bagi beberapa orang di dunia untuk menambah pundi-pundi hartanya. Tak heran jika kemudian Forbes melaporkan bahwa ada peningkatan cukup pesat pada jumlah orang terkaya sejagat tahun ini.

Jumlah miliarder di dunia dalam daftar tahunan ke-35 Forbes ini bertambah menjadi 2.755 orang atau 660 lebih banyak ketimbang tahun lalu.

Indonesia pun tak ingin ketinggalan dengan menyumbang 18 nama dalam daftar total crazy rich seantero bumi tersebut. Dari 18 nama, hanya ada dua nama yang masuk dalam daftar 100 teratas.

Dari 18 nama itu pula, hanya empat nama baru yang menghuni daftar orang terkaya versi Forbes tersebut. Mereka adalah Jerry Ng (pendiri Bank Jago), Alexander Tedja (taipan real estate), Lim Hariyanto (pengusaha minyak kelapa sawit dan tambang nikel), dan Susanto Suwarto (salah satu pendiri Elang Mahkota Teknologi atau Emtek).

Sementara 14 sisanya merupakan “pemain lama” yang sanggup bertahan di dalam daftar orang kaya sedunia versi Forbes tersebut.

Di lansir dari wightmethodists.org, berikut ini 5 besar crazy rich asal Indonesia yang masuk dalam daftar “Forbes World’s Billionaire List The Richest in 2021.”

1. Robert Budi Hartono

Di kutip dari montblanc-pens.us.org/, Robert Budi Hartono menjadi orang paling kaya di Indonesia yang masuk dalam daftar Forbes tersebut. Kekayaan saudara kandung Michael Hartono tersebut menembus 20,5 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp297 triliun.

Sumber kekayaan Budi Hartono didominasi dari usahanya di sektor perbankan sebagai salah satu pemilik saham mayoritas di Bank Central Asia (BCA) dan juga sektor tembakau sebagai pemilik merek rokok ternama Indonesia, Djarum serta usahanya di sektor peralatan elektronik lewat merek Polytron.

Secara global, Budi Hartono menempati posisi 86 dalam daftar orang paling kaya sedunia versi Forbes.

2. Michael Hartono

Pada posisi kedua, duduk dengan nyaman saudara kandung Budi Hartono, yakni Michael Hartono dengan total kekayaan 19,7 miliar dolar AS atau senilai Rp282 triliun.

Sama dengan Budi, kekayaan Michael juga bersumber dari BCA, Djarum, dan Polytron. Secara global, Michael menempati peringkat 89 sebagai orang terkaya di dunia. Dengan demikian, Hartono bersaudara menjadi sepasang orang Indonesia yang masuk ke dalam 100 daftar crazy rich sejagat raya versi Forbes.